Sebelumnya telah ditulis bahwa untuk menentukan keyword utama sebaiknya anda terlebih dahulu melakukan riset keyword baik itu dengan menggunakan Google keyword suggestion, Google AdWords Keyword Tool, Google Insight, atau yang paling baik adalah menggabungkan tiga teknik tersebut.
Keyword utama pada nama domain
Yang dimaksud dengan keyword utama pada nama domain yaitu keyword yang kita targetkan terkandung pada nama domain yang digunakan. Contoh, apabila keyword target kita adalah :
“Sepatu Futsal”
Maka minimal dalam nama domain yang digunakan ada kata “Sepatu” atau “Futsal”, dan yang lebih baik lagi adalah kedua kata tersebut terkandung dalam domain. MIsal :
- sepatufutsal.com
- tokosepatufutsal.com
- sepatufutsalnike.com
- sepatufutsaloriginal.com
- hargasepatufutsal.com
- dan lain-lain
Ambil contoh yang lain, misal keyword utama yang di bidik adalah “Kawasaki Ninja”, maka sebaiknya ada kata “Kawasaki” atau “Ninja”. Misal :
- motorkawasakininja.com
- hargakawasakininja.com
- kawasakininjaclubs.com
- bengkelkawasakininja.com
Mencari Nama Domain
Nama domain itu sifatnya unik dalam arti sebuah nama domain hanya bisa digunakan oleh satu pengguna diseluruh dunia, oleh karenanya jika sebuah nama domain telah digunakan oleh pihak lain, kita tidak bisa membelinya atau menggunakannya.
Bagaimana kita dapat mengetahui sebuah nama domain belum dibeli orang lain? kita dapat mengetahuinya dengan menggunakan tool whois yang banyak terdapat di internet seperti :
- http://www.whois.net
- http://www.domaintools.com
- http://www.whois.com
- http://who.is
- Dan lain-lain
Tidak hanya untuk mengetahui kepemilikan domain, namun tool whois atau domain tool juga memberikan sugesti nama-nama domain yang berhubungan dengan nama domain yang kita cari dan bisa kita pergunakan.
http://kolom-tutorial.blogspot.com/